Kamis, 28 Januari 2016

Meningkatkan Efisiensi Unilever Mencetak Pemimpin

Apa itu Efisiensi? Efisiensi merupakan perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan dalam penggunaan sumber-sumber & waktu (input).

Kenapa harus ada Efisiensi? Karena, setiap hal yang kita lakukan pasti ada hasil yang akan kita capai. Maka dari itu sebuah perusahaan mempunyai suatu pencapaian untuk memuaskan pelanggannya.

PT Unilever Indonesia adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream Indonesia. Produk-produk Unilever Indonesia sudah mencangkup brand-brand ternama yang disukai warga dunia seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Walls, Blue Band, Royco, Bango, dan lain-lain.


PT Unilever Indonesia mempunyai salah satu cara meningkatkan efisiensi perusahaan untuk mengembangkan perusahaannya tersebut yaitu Supply Chain. PT Unilever Indonesia menduduki peringkat 10 besar Supply Chains di dunia (Sumber: Gartner Supply Chain Top 25 - 2012). Supply Chain ini berada pada inti Unilever Indonesia, mencakup seluruh aktivitas operasional dari pencarian sumber bahan baku (procurement) sampai dengan memastikan produk jadi sampai ke rak pelanggan.


Unilever mencetak pemimpin

Program Unilever ini adalah salah satu yang terbaik di dunia industri. Unilever Future Leaders Program adalah sebuah program yang diperuntukkan untuk memberi kesempatan masyarakat untuk berkarir bersama Unilever. Sebuah pengalaman supply chain yang akan didapat selama di Unilever Future Leaders Program, yaitu :


  • Planning
Memprediksi tren konsumen dalam membeli produk pada saat ini dan di masa depan. Prediksi ini akan menjadi dasar yang menghubungkan antara pabrik-pabrik yang akan melakukan produksi, pemasok yang akan menyediakan bahan baku dan kemasan, dan jaringan pengiriman yang akan mengirim bahan baku dan kemasan ke pabrik-pabrik dan barang jadi ke gudang.

  • Procurement
Membangun keputusan-keputusan strategis dalam mencari bahan baku dan pengemasan, Indirect (barang-barang dan layanan yang tidak masuk ke dalam proses produksi barang) dan membangun relasi yang kuat dengan pemasok-pemasok utama. Procurement tidak hanya mencari bahan dengan harga dan kualitas dan tepat, tetapi juga mencari bahan-bahan dari sumber yang menerapkan prinsip sustainable untuk seluruh bahan baku dari perkebunan atau pertanian.

  • Manufacturing
Mengerti bagaimana menghadapi peningkatan dan penurunan permintaan, secara berkelanjutan berfokus pada efisiensi dan mengoptimalkan hasil produksi yang tepat dengan biaya yang benar sekaligus mengelola standar kualitas kelas dunia. Dalam pekerjaan ini, kami selalu menjunjung keunggulan inovasi dan teknologi.

  • Logistics & Customer Service
Memastikan pengiriman barang yang sudah diproduksi tepat waktu dan tetap berkualitas untuk setiap brand yang berjumlah lebih dari 400 secara global.


PT Unilever Indonesia membuat suatu program yang membawa kemajuan pada perusahaannya, meningkatkan kualitas produk dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan baik untuk meningkatkan efisiensi penjualan perusahaan untuk mencapai suatu target tertentu.

Sumber :
Bahan Ajar Minggu_2 Teori Organisasi Umum.doc
https://www.unilever.co.id/careers/graduates/uflp/supply-chain/ 28 Januari 2016 08:23 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar